Budidaya Udang Lampung Selatan: Peluang Bisnis Menjanjikan

Budidaya Udang di Lampung Selatan

Budidaya Udang di Lampung Selatan

Sobat Desa yang budiman, Lampung Selatan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki potensi besar dalam industri perikanan. Salah satu jenis budidaya yang berkembang pesat di wilayah ini adalah budidaya udang. Permintaan pasar yang terus meningkat, serta potensi ekonomi yang besar membuat banyak petani dan pengusaha memilih budidaya udang sebagai pilihan usaha.

Udang merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, eksportir udang Indonesia menempati peringkat kedua dunia setelah India. Budidaya udang di Lampung Selatan tergolong unggul karena beberapa faktor, seperti kondisi geografis dan keanekaragaman jenis udang yang dapat dibudidayakan. Selain itu, dukungan pemerintah daerah serta infrastruktur yang memadai juga mendukung perkembangan industri perikanan di daerah ini.

Namun, seiring dengan meningkatnya permintaan pasar akan udang, muncul pula berbagai permasalahan dalam industri perikanan, seperti meningkatnya biaya produksi dan penurunan kualitas hasil budidaya. Penting bagi petani dan pengusaha budidaya udang untuk memperhatikan teknik budidaya yang baik dan tepat guna meningkatkan produksi dan menjaga kualitas udang.

Melalui artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai budidaya udang di Lampung Selatan, termasuk jenis udang yang dapat dibudidayakan, cara budidaya yang tepat, serta tantangan dan peluang dalam industri perikanan di wilayah ini. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Sobat Desa yang tertarik dengan dunia perikanan dan budidaya udang di Kabupaten Lampung Selatan.

Latar Belakang: Budidaya Udang di Lampung Selatan

Budidaya Udang Lampung Selatan

Budidaya udang merupakan salah satu sektor pertanian yang berkembang pesat di Indonesia, dengan potensi yang sangat besar di daerah pesisir seperti Lampung Selatan. Sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Lampung, Lampung Selatan menjadi salah satu pusat pengembangan budidaya udang di Indonesia.

Pertumbuhan industri budidaya udang di Lampung Selatan terus meningkat sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh potensi sumber daya alam yang melimpah dan juga kondisi perairan yang mendukung untuk kegiatan budidaya. Selain itu, pemerintah daerah juga memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan budidaya udang sebagai salah satu penggerak ekonomi daerah.

Seiring dengan perkembangan teknologi, budidaya udang di Lampung Selatan terus mengalami peningkatan kualitas dan jumlah produksi. Banyak petani udang yang mulai beralih ke metode budidaya modern dengan menggunakan teknologi canggih untuk meningkatkan kualitas dan jumlah produksi udang.

Dalam beberapa tahun terakhir, industri ini juga berhasil menembus pasar ekspor. Beberapa negara seperti Cina, Jepang, Amerika Serikat, dan Uni Emirat Arab menjadi tujuan utama ekspor udang dari Lampung Selatan.

Diharapkan, dengan terus berkembangnya sektor budidaya udang di Lampung Selatan, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan juga mampu membuka lapangan kerja baru di daerah tersebut.

Penjelasan tentang Budidaya Udang Lampung Selatan

Budidaya Udang Lampung Selatan

Budidaya udang di Lampung Selatan telah menjadi komoditas unggulan yang menjanjikan. Udang konsumsi yang dibudidayakan di kawasan ini adalah udang vaname atau udang Putih yang banyak digemari di pasar lokal dan internasional.

Kebanyakan masyarakat Lampung Selatan telah beralih dari petani padi dan produktifitas tanah rendah menuju budidaya udang skala besar atau kecil. Metode budidaya ini dilakukan melalui cara semi intensif atau intensif dengan memanfaatkan lahan tambak atau kolam terpal yang dilengkapi dengan teknologi budidaya modern.

Salah satu kawasan yang menjadi sentra budidaya udang di Lampung Selatan adalah Desa Bahuga, Kecamatan Kalianda. Para petani udang di sana menyediakan seluruh kebutuhan udang untuk keperluan bisnis dari pembibitan, pakan, dan instalasi teknologi untuk budidaya semi intensif dan intensif.

Petani Udang Bahuga di Lampung Selatan menerapkan teknologi budidaya modern, dengan kontrol yang ketat terhadap kualitas dan kuantitas air, lingkungan setempat dan pengelolaan limbah. Hasilnya adalah udang yang lebih sehat dan produktif yang terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Budidaya udang di Lampung Selatan merupakan kegiatan yang menjanjikan untuk meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat. Diperlukan sinergi antara pemerintah dan petani dalam meningkatkan penggunaan teknologi modern dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Read more:

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Budidaya Udang di Lampung Selatan

budidaya udang

Budidaya udang di Lampung Selatan memiliki potensi besar untuk menunjang perekonomian masyarakat di daerah tersebut. Namun, tidak semua petani udang berhasil menghasilkan produksi udang yang optimal. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil dari budidaya udang di Lampung Selatan.

Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil budidaya udang adalah lingkungan budidaya. Ukuran kolam, kedalaman air, serta kualitas air sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan udang. Petani harus memastikan lingkungan budidaya yang optimal untuk memaksimalkan hasil panen.

Selain itu, pemilihan benih udang juga merupakan faktor penting dalam budidaya udang. Benih yang berkualitas akan memberikan hasil yang lebih baik. Oleh karena itu, petani harus memperhatikan kualitas benih udang sebelum melakukan pembenihan.

Teknik pemberian pakan juga mempengaruhi hasil budidaya udang di Lampung Selatan. Frekuensi pemberian pakan, jumlah pakan yang diberikan, serta kualitas pakan juga harus diperhatikan dengan baik. Perlu diketahui bahwa udang membutuhkan pakan yang kaya akan nutrisi untuk pertumbuhan yang optimal.

Faktor lain yang mempengaruhi hasil budidaya udang di Lampung Selatan adalah pengelolaan pasca panen. Cara pengolahan udang setelah panen akan mempengaruhi kualitas udang yang dihasilkan. Petani harus memperhatikan cara pengolahan udang yang benar agar tidak mengurangi kualitas udang yang dihasilkan.

Kesimpulannya, satu upaya budidaya udang yang berhasil dan optimal di Lampung Selatan memerlukan perhatian yang serius pada beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti lingkungan budidaya, kualitas benih, teknik pemberian pakan, dan pengelolaan pasca panen. Dengan perhatian dan pemeliharaan yang tepat, petani udang di Lampung Selatan dapat meningkatkan hasil produksi udang mereka dan mendorong perekonomian lokal mereka.

Persiapan Lahan atau Wadah untuk Budidaya Udang di Lampung Selatan

Persiapan Lahan atau Wadah untuk Budidaya Udang

Budidaya udang menjadi salah satu sektor perikanan yang semakin diminati di Indonesia, termasuk di Lampung Selatan. Untuk memulai budidaya udang, persiapan lahan atau wadah merupakan langkah awal yang sangat penting. Persiapan yang matang dan benar akan berdampak secara positif terhadap hasil produksi udang yang dihasilkan.

Langkah awal dalam persiapan lahan atau wadah adalah pemilihan lokasi yang tepat. Lokasi yang ideal untuk budidaya udang harus memiliki akses air yang cukup, lingkungan yang bersih dan tidak tercemar, serta terhindar dari bencana alam seperti banjir atau longsor. Setelah lokasi dipilih, langkah selanjutnya adalah membersihkan dan meratakan lahan.

Setelah lahan diselesaikan, maka hal berikutnya yang harus disiapkan adalah bentuk wadah. Wadah atau kolam diperlukan untuk menampung udang. Pemilihan jenis wadah yang tepat akan mempengaruhi pertumbuhan dan hasil produksi udang. Terdapat beberapa jenis wadah yang dapat digunakan seperti kolam tanah, kolam beton, dan bak plastik. Setiap jenis wadah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Selain itu, perlu juga memperhatikan kualitas air yang digunakan. Air yang digunakan harus bebas dari bahan kimia berbahaya dan tidak terlalu asin atau asam. pH air harus berada pada kisaran antara 7-8 dan suhu optimal berkisar antara 25-30°C. Hal ini akan mempengaruhi kondisi pertumbuhan udang.

Dalam melakukan persiapan lahan atau wadah untuk budidaya udang, perlu disiplin dalam melakukan perawatan wadah dan udang yang ditanam. Perawatan seperti pemeliharaan air dan pemberantasan hama dan penyakit harus rutin dilakukan agar udang dapat tumbuh dengan sehat dan optimal.

Dengan melakukan persiapan lahan atau wadah yang baik dan benar, diharapkan budidaya udang di Lampung Selatan dapat menghasilkan produksi yang melimpah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Pemilihan Bibit atau Benih: Budidaya Udang Lampung Selatan

Pemilihan Bibit atau Benih: Budidaya Udang Lampung Selatan

Budidaya udang di Lampung Selatan semakin diminati oleh masyarakat, karena bisnis ini terbukti sangat menguntungkan. Pemilihan bibit atau benih yang berkualitas dan sehat adalah kunci utama keberhasilan dalam budidaya udang, terlebih lagi di Lampung Selatan yang memiliki cuaca yang cukup ekstrem. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas tentang pemilihan bibit atau benih yang tepat untuk budidaya udang di Lampung Selatan.

Bibit udang yang dipilih harus sehat dan berkualitas agar dapat tumbuh dengan baik. Carilah bibit udang yang telah melalui proses seleksi dan dikembangbiakkan secara modern dengan standar mutu yang baik. Sebelum membeli bibit udang, pastikan bahwa bibit yang akan dibeli tidak terkena penyakit dan menghindari menggunakan bibit yang sudah lebih dari 6 bulan.

Ketika memilih benih, penting untuk mempertimbangkan jenis benih dan kualitas air di kolam. Ada beberapa jenis benih yang dapat dipilih untuk budidaya udang di Lampung Selatan, seperti benih vaname, benih windu, dan benih galah. Pilihlah benih yang sesuai dengan kondisi air di kolam agar pertumbuhannya optimal. Penambahan vitamin dan nutrisi juga diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan udang.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemberian pakan yang baik agar udang dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Berikan pakan yang berkualitas dan kaya akan nutrisi, dan jangan lupa untuk memberikan pakan secara teratur sesuai dengan anjuran.

Dalam pemilihan bibit atau benih untuk budidaya udang di Lampung Selatan, perhatikan juga faktor lingkungan dan cuaca. Kondisi lingkungan yang baik dan cuaca yang stabil akan mempengaruhi kualitas produksi udang yang dihasilkan. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis budidaya udang, pastikan lingkungan dan cuaca di lokasi budidaya kondusif dan dapat mendukung pertumbuhan udang yang optimal.

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor di atas, pemilihan bibit atau benih yang tepat untuk budidaya udang di Lampung Selatan akan memastikan kesuksesan bisnis budidaya udang, serta dapat menghasilkan kualitas produksi yang baik.

Pembibitan atau Penyemaian: Budidaya Udang Lampung Selatan

Budidaya Udang Lampung Selatan

Budidaya udang merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan di Indonesia, termasuk di Lampung Selatan. Namun, untuk memulai usaha budidaya udang, langkah awal yang harus dilakukan adalah pembibitan atau penyemaian. Kegiatan ini merupakan proses awal dalam memperoleh benih udang yang berkualitas.

Proses pembibitan atau penyemaian dimulai dengan memilih induk udang yang memiliki kualitas terbaik dan bebas dari penyakit. Setelah itu, induk tersebut dipelihara dan dijaga agar tumbuh dengan baik. Biasanya, induk udang yang digunakan untuk pembibitan adalah udang galah atau udang vannamei.

Setelah induk tumbuh dewasa, maka telur akan mulai diproduksi dan biasanya ditempatkan di hatchery. Di hatchery, telur tersebut akan menjalani beberapa tahap pengolahan, seperti pembersihan, penyaringan dan pemisahan dari telur yang rusak atau cacat.

Setelah itu, telur yang telah diproses kemudian ditempatkan dalam tangki atau bak satu persatu, dan kemudian diberi pakan. Lamanya waktu penyemaian tergantung pada jenis udang yang dibibitkan, misalnya pada udang vannamei akan memerlukan waktu yang lebih singkat dibandingkan udang galah.

Pembibitan atau penyemaian bukanlah proses yang mudah, namun jika dilakukan dengan baik, hasil yang diperoleh akan berkualitas. Proses ini merupakan salah satu kunci sukses dalam usaha budidaya udang di Lampung Selatan maupun di tempat lainnya.

Perawatan Budidaya Udang Lampung Selatan

Perawatan Budidaya Udang Lampung Selatan

Budidaya udang di Lampung Selatan menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Tidak hanya memerlukan pengelolaan yang baik, budidaya udang juga memerlukan perawatan yang tepat. Perawatan yang dilakukan dengan baik akan meminimalisir risiko terkena penyakit atau kematian udang.

Salah satu perawatan yang harus dilakukan pada budidaya udang adalah penggantian air secara rutin. Air yang digunakan harus diolah agar sesuai dengan kebutuhan udang. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan uji kualitas air atau menambahkan pupuk organik untuk memperbaiki kualitas air.

Selain itu, pemantauan kesehatan udang juga harus dilakukan secara rutin. Kebiasaan makan udang, ukuran, serta nafsu makan harus diamati agar dapat mengetahui kondisi kesehatan udang. Bila ditemukan udang mati, segera diambil dan dibuang dari kolam budidaya.

Pemberian pakan yang tepat juga menjadi kunci keberhasilan dalam budidaya udang. Pakan yang diberikan harus sesuai dengan tahapan pertumbuhan udang serta kualitasnya harus baik. Selain itu, pemberian pakan jangan terlalu sering agar tidak memberikan risiko penyakit pada udang.

Perawatan pada lingkungan kolam juga harus dilakukan dengan baik. Kolam harus selalu bersih dan bebas dari benda yang dapat mengganggu pertumbuhan udang. Selain itu, penataan kolam juga harus diperhatikan agar memaksimalkan produksi udang.

Dalam budidaya udang, perawatan yang baik menjadi kunci keberhasilan dalam mendapatkan hasil panen yang maksimal. Dengan memberikan perawatan yang tepat, diharapkan dapat meminimalisir risiko kerugian pada saat panen tiba.

Pengendalian Hama dan Penyakit Budidaya Udang di Lampung Selatan

Pengendalian Hama dan Penyakit Budidaya Udang di Lampung Selatan

Budidaya udang di Lampung Selatan menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat setempat. Namun, dalam praktiknya, budidaya udang tak terlepas dari masalah hama dan penyakit. Oleh karena itu, pengendalian hama dan penyakit sangat penting dilakukan agar kualitas udang yang diproduksi tetap terjaga.

Salah satu jenis hama yang sering menyerang budidaya udang di Lampung Selatan adalah hama udang pengerat (Palaemonidae). Hama ini menyebabkan udang sakit dan berkurang pertumbuhannya. Untuk mengatasinya, petani dapat melakukan pengendalian secara mekanik dengan memasang perangkap udang pengerat di kolam budidaya. Selain itu, penggunaan pestisida organik juga dapat merupakan alternatif pengendalian hama yang cukup efektif.

Selain hama, penyakit juga menjadi masalah pada budidaya udang di Lampung Selatan. Penyakit white spot syndrome virus (WSSV) menjadi penyakit yang cukup mengancam dan sulit diatasi. Salah satu upaya pencegahan penyakit ini adalah dengan memelihara udang yang sehat dan memastikan kualitas air yang baik. Selain itu, penggunaan vitamin dan pakan yang baik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh udang terhadap serangan penyakit.

Pengendalian hama dan penyakit pada budidaya udang di Lampung Selatan memang tidak mudah. Namun, dengan melakukan pengendalian yang tepat dan terus menerus, petani dapat mengurangi kerugian dan meningkatkan produksi udang yang berkualitas. Sebagai masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga ekosistem dan kesehatan udang, petani dapat meningkatkan keuntungan dan kesejahteraannya melalui praktik budidaya yang baik dan terus ditingkatkan.

Panen dan Pascapanen: Budidaya Udang di Lampung Selatan

Budidaya Udang Lampung Selatan

Budidaya udang merupakan salah satu usaha perikanan yang sedang berkembang di Indonesia. Salah satu daerah yang terkenal dengan budidaya udangnya adalah Lampung Selatan. Berdasarkan penelitian, budidaya udang di Lampung Selatan menggunakan teknologi intensif yang menghasilkan udang yang berkualitas tinggi. Pada stage panen, petani udang di Lampung Selatan mengikuti prosedur yang benar untuk memastikan kualitas dan keamanan produk yang dihasilkan.

Saat panen, petani udang di Lampung Selatan memilih udang yang sudah memiliki ukuran sekitar 20-30 gram. Ukuran ini dipilih karena dianggap sebagai ukuran yang ideal bagi udang untuk diambil karena sudah memiliki cangkang yang cukup keras dan daging yang masih lezat. Setelah dipilih, udang dipindahkan ke wadah untuk menunggu proses pengemasan.

Pascapanen dari budidaya udang di Lampung Selatan juga merupakan tahap penting dalam menjaga kualitas produk. Setelah dipanen, udang harus segera dikemas dan disimpan dalam suhu yang sesuai agar tetap segar dan higienis. Biasanya, udang akan disimpan dalam suhu sekitar 0-4 derajat Celsius, sehingga waktu penyimpanannya dapat bertahan hingga 2-3 hari.

Dalam melakukan budidaya udang, petani juga harus memperhatikan faktor-faktor seperti pH air, salinitas, dan suhu agar pertumbuhan udang dapat optimal. Selain itu, petani juga harus menjaga kebersihan dan sanitasi kandang udang agar terhindar dari serangan penyakit dan parasit.

Dengan budidaya udang yang benar dan tahapan panen dan pascapanen yang tepat, produk udang dari Lampung Selatan dapat memiliki kualitas yang baik dan layak untuk dipasarkan di pasar lokal dan internasional.

Keuntungan dan Manfaat dari Budidaya Udang Lampung Selatan

budidaya udang lampung selatan

Budidaya udang telah muncul menjadi kegiatan yang menguntungkan dan berpotensi untuk menghasilkan produk unggulan. Terdapat banyak keuntungan dan manfaat dari budidaya udang, terutama yang dilakukan di kawasan Selatan Provinsi Lampung.

Salah satu keuntungan utama adalah penghasilan yang tinggi. Budidaya udang dapat menjadi sumber penghasilan yang menggiurkan bagi para petani atau nelayan. Selain itu, budidaya udang juga dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan daerah.

Manfaat lainnya adalah sebagai bahan pangan dan sumber protein yang tinggi. Udang merupakan sumber protein hewani yang berkualitas tinggi dan sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, beberapa jenis udang juga dapat menghasilkan produk olahan seperti tepung, abon, dan lain-lain yang berguna bagi industri makanan dan minuman.

Budidaya udang di daerah Selatan Provinsi Lampung juga memiliki kemudahan dalam distribusi hasil yang lebih cepat dan efektif. Pasar udang yang berada di wilayah Sumatera dapat dijangkau dengan lebih mudah sehingga hasil budidaya udang dapat dijual dengan harga yang lebih menguntungkan.

Terakhir, budidaya udang juga dapat berkontribusi positif pada lingkungan. Udang dapat membantu membersihkan air laut dari zat-zat pencemar dan berpotensi menjadi alternatif pengganti bahan bakar fosil.

Dengan berbagai keuntungan dan manfaat yang dimiliki, budidaya udang di Selatan Provinsi Lampung menjadi suatu peluang yang sayang untuk dilewatkan. Kegiatan ini tentunya harus dilakukan dengan cara yang benar dan berkelanjutan agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Tantangan dan Kekurangan dari Budidaya Udang di Lampung Selatan

Tantangan dan Kekurangan Budidaya Udang Lampung Selatan

Budidaya udang telah menjadi salah satu sektor ekonomi penting bagi masyarakat di Lampung Selatan. Secara umum, budidaya Udang di daerah ini memiliki beberapa kelebihan, seperti potensi pasar yang besar, bahan baku yang mudah didapat dan support dari pemerintah daerah. Namun demikian, seperti di industri budidaya lainnya, budidaya Udang di Lampung Selatan juga memiliki tantangan dan kelemahan tertentu.

Salah satu tantangan utama dalam budidaya udang di Lampung Selatan adalah adanya cuaca dan gangguan alam, seperti banjir, kekeringan dan badai. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas dan produktivitas produksi udang. Selain itu, masalah dengan transportasi yang kurang baik, infrastruktur yang belum memadai, serta kurangnya akses ke pasaran juga menjadi tantangan utama bagi para petani udang di Lampung Selatan.

Di sisi lain, salah satu kelemahan dalam budidaya udang adalah adanya risiko terhadap serangan penyakit atau gangguan parasit. Selain itu, tingginya biaya yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas produk serta persaingan dengan produk-produk impor juga menjadi kelemahan dari budidaya udang di Lampung Selatan.

Namun, walau adanya tantangan dan kelemahan, sektor budidaya udang tetap dianggap sebagai peluang bisnis yang menjanjikan di Lampung Selatan. Kunci keberhasilan dalam mengatasi tantangan dan kelemahan dalam budidaya Udang terletak pada kemampuan para petani untuk memanfaatkan teknologi baru dan memperbaiki sistem produksi mereka.

Demikianlah beberapa tantangan dan kelemahan dalam budidaya udang di Lampung Selatan. Dengan upaya maksimal, dapat diharapkan sektor budidaya udang di daerah ini dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang positif bagi perekonomian Indonesia.

Kesimpulan: Menjaga Budidaya Udang Lampung Selatan Bagi Masa Depan

Budidaya udang di Lampung Selatan adalah industri yang menjadi potensi besar bagi masyarakat daerah tersebut. Udang-udang berkualitas yang dihasilkan dari budidaya tersebut mampu menembus pasar nasional dan internasional. Kendati begitu, sektor ini juga rentan dengan berbagai tantangan, mulai dari perubahan pasar hingga masalah lingkungan.

Oleh karena itu, penting bagi para pemangku kepentingan, mulai dari petani hingga pemerintah, untuk terus menjaga budidaya udang Lampung Selatan dengan baik. Upaya-upaya dalam hal pengelolaan lingkungan harus dilakukan dengan sistematis, agar pertumbuhan udang bisa optimal tanpa merusak lingkungan di sekitarnya.

Bagi masyarakat di sekitar budidaya udang, terdapat peluang usaha yang menarik untuk diambil. Para petani udang bisa memperkaya ilmu pengetahuan mereka tentang inovasi terkini di bidang budidaya udang, sehingga dapat meningkatkan kualitas udang yang mereka hasilkan. Sedangkan para penjual juga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memasarkan udang-udang lampung selatan yang berkualitas.

Jangan ragu-ragu untuk mencoba budidaya udang lampung selatan sebagai potensi penghasilan masa depan. Semoga dengan terus menjaga keberlangsungan industri budidaya udang ini, kedepannya mampu terus memberikan kontribusi besar bagi ekonomi daerah tersebut.

Sampai jumpa kembali dalam informasi berikutnya. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada saudara dan kerabat agar mereka juga bisa merasakan manfaat dari budidaya udang di Lampung Selatan.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements