Bukit Sentono Genthong, Destinasi Wisata Desa Dadapan yang Sukses Dikelola BUMDes

Kabut tipis perlahan turun, namun angin kencang terasa menyergap saat senja datang. Hamparan panorama teluk Pantai Telang Ria tampak indah menawan. Menyihir pengunjung yang berada di atas bukit.

Inilah destinasi baru yang ditawarkan Pacitan, Bukit Sentono Genthong. Bukit Sentono Genthong terletak di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Bukit Sentolo Genthong menawarkan pemandangan yang luar biasa, yaitu view Pacitan dari atas Bukit.

Wisata ini mulai dibuka dari Oktober 2017 dan mulai dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tugu Kuning Desa Dadapan pada 2018. Objek wisata memiliki luasan 6.358 km yang merupakan tanah kas desa.Tiket masuknya sangat murah hanya 10 ribu rupiah.

Dari sektor pariwisata, objek wisata Bukit Sentolo Gentong mampu mendulang pendapatan hingga Rp 540 juta. Bisnis ini juga mampu menyerap tenaga kerja hingga 50 orang. Pilihan BUMDes untuk menggarap sektor pariwisata terbukti mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

Bukit Sentolo Genthong memiliki fasilitasnya kamar mandi, mushola, akses jalan sudah dirabat, tempat parkir, shuttle wisata. Ke depan, pengelola akan terus menghadirkan beragam inovasi agar para pengunjung tidak bosan.

Keindahan Bukit Sentono Gentong berhasil memikat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, untuk berkunjung. Bahkan, saat kunjungan Menteri Desa PDTT memberikan bantuan permodalan tiap BUMDes Rp 50 juta.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Satu pemikiran pada “Bukit Sentono Genthong, Destinasi Wisata Desa Dadapan yang Sukses Dikelola BUMDes”

Tinggalkan komentar