Desa Semedo Penghasil Gula Semut yang Tembus Pasar Ekspor

potensidesa.com Desa Semedo, sebuah desa yang berada di Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Merupakan salah satu desa sebagai penghasil gula semut yang sudah mampu tembus ke pasar Ekspor. Gula semut sendiri merupakan gula merah yang dibuat dalam versi atau bentuk bubuk dan bisa juga disebut dengan gula kristal. Disebut dengan gula semut karena, bentuk dari gula tersebut sangat mirip dengan rumah semut. Sedangkan untuk bahan baku nira yang digunakan untuk membuat gula semut tersebut juga merupakan nira dengan kualitas yang terbaik.

Permintaan gula semut semakin hari terus meningkat, hal tersebut tidak lepas dari kualitas produk yang dihasilkan dari desa Semedo. Ternyata dengan berubahnya bentuk dari gula yang diproduksi oleh petani bisa memberikan dampak yang cukup baik.  Gula yang semula berupa gula cetak menjadi gula semut, hal tersebut membawa banyak keuntungan bagi petani gula kelapa desa Semedo. Dibawah pengelolaan Koperasi Semedo Manise Sejahtera gula semut yang dihasilkan oleh desa tersebut mampu tembus ke pasar ekspor.

Dalam sehari, rata-rata produksi Desa Semedo yang menjadi desa penghasil gula semut bisa menghasilkan produk hingga tiga sampai lima ton. Hasil ini berasal dari 22.000 pohon kelapa yang ada di desa tersebut, yang tersebar di lahan dengan luas 150 hektare – Dikutip dari kontan.co.id. Sebagian besar gula semut produksi para petani gula kelapa desa Semedo ini dipasarkan ke pasar ekspor Amerika Serikat dan Eropa. Dan kemudian sisanya baru dipasarkan ke pasar-pasar dalam negeri. Untuk sasaran pasar domestik, pemasaran gula semut Semedo Manise dilakukan melalui marketpalce, minimarket dan juga melalui supermarket. Selain berasal dari perorangan, konsumen dari gula semut tersebut juga berasal dari berbagai sektor industri makanan dan juga minuman.

Mengetahui sekilas mengenai bagaimana cara pembuatan dari gula semut yaitu, dimulai dari pengumpulan nira yang sudah dideres oleh para petani gula kelapa. Kemudian nira tersebut dimasak dalam kuali atau wajan besar sambil sesekali untuk diaduk selama 3-4 jam dengan suhu sampai dengan 120 derajat celcius. Setelah mencapai tekstur dan kekentalan tertentu, dan kira-kira gula sudah matang, mendidih, dan meletup-letup. Langkah selanjutnya yaitu dinginkan dan keringkan gula tersebut, setelah dingin dan kering lalu haluskan dan ayak gula tersebut untuk mendapatkan kristal yang terbaik.

About admin

Check Also

peluang usaha di desa

Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Gak Ada Matinya

Potensi Desa – Hidup di desa merupakan hal yang sangat menyenangkan. Dilihat dari berbagai aspek …