Frame 2

Dukung Ketahanan Pangan, Kementan Gandeng Gabungan Pengusaha

Potensidesa.com – Direktur Pembiayaan Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan), Ir. Indah Megawati ingin agar Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian bisa tepat sasaran sehingga dapat mendukung program ketahanan pangan nasional.


Sebagai upaya mewujudkan keingan tersebut, ia berencana menggandeng Gabungan Pengusaha Garda Biokonversi Nusantara (GBN) untuk bersinergi dan berkolaborasi demi mewujudkan ketahanan pangan.

“Tentunya kami berharap penyerapan KUR pertanian benar-benar tepat sasaran sehingga bisa menyejahterakan para petani. Maka di siniah dibutuhkan kehadiran gabungan pengusaha GBN sebagai offer taker petani dalam penyerapan KUR,” ujarnya, Jumat (22/1/2021).

Pada kolaborasi ini, ia menjelaskan, gabungan pengusaha GBN akan berperan sebagai ‘orangtua angkat’ para petani sehingga dapat membantu penyerapan KUR Pertanian lebih optimal.

Rencana kolaborasi tersebut langsung diterima oleh koordinator Gabungan Pengusaha GBN, Sholikin M.M. Ia merasa bersyukur sekaligus tertantang untuk bersinergi mewujudkan ketahanan pangan melalui KUR Pertanian.

“Tentu kami bertekad mewujudkan ketahanan dan kemandirian pangan nasional dengan berkolaborasi strategis lintas sektor melalui pembangunan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat perdesaan yang berkeadilan,” ujar Sholikin yang juga Direktur Utama PT Inovasi Desa Nusantara tersebut.

Pemenang Profesional BUMN Millenial Innovation Summit 2020 PT Perusahan Perdagangan Indonesia (Persero) itu melanjutkan, KUR Pertanian saat ini terdiri dari KUR Super Mikro, KUR Kecil, dan KUR Khusus Kementerian Pertanian senilai Rp70 triliun. KUR tersebut akan disalurkan melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Bank Pembangunan Daerah (BPD).

(Hum/ar/red)

hello world!
magnifiercrosschevron-down