Inovasi Briket Pengganti Arang Dari Merang Padi

Potensidesa.com – Merang padi menjadi limbah padi yang masih bisa dimanfaatkan untuk media tanam ataupun bahan untuk dibuat briket. Pemanfaatan limbah sekam padi menjadi briket merupakan teknik untuk meningkatkan nilai ekonomis dari sekam padi sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi dan bisa memajukan perkenomian desa. Didalam sekam padi terdapat kandungan Zeolite yang mampu menyerap asap dan Silica sebagai zat pengikat. Briket ini dijadikan sebagai bahan bakar pengganti arang dan batu bara yang harganya mahal. Kualitasnya tidak jauh beda dengan arang, kelebihan briket tidak mengeluarkan asap yang berlebihan.

Berat jenis sekam padi adalah 125 kg/m3, dan nilai kalor 1 kg sekam padi adalah 3300 k. Dari segi panas dan komposisi kimia, sekam padi mengandung 1,33% karbon (arang), 1,54% hidrogen, 33,645 oksigen dan 16,98% silikon dioksida (SiO2), yang berarti sekam padi dapat digunakan sebagai bahan baku industri kimia dan sumber energi. Kalori untuk kebutuhan manusia.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Sekam padi;
  • Cerobong pembakaran digunakan sebagai media pembakaran sekam
  • Kayu dan api
  • perekat dari tepung aci yang sudah dicampuri air panas

Cara Pembuatan:

  1. Siapkan tempat untuk proses pembakaran merang dan buat bara api, setelah menyala api ditutup dengan cerobong;
  2. Tutupi cerobong dengan merang kering, pembakaran tidak menimbulkan api sehingga  merang mengalami perubahan warna.
  3. Bila merang sudah berubah warna menjadi hitam, kemudian haluskan sampai menjadi seperti tepung. selanjutnya campurkan bubuk sekam dengan bahan perekat, kemudian cetak.

Pengeringan ;

Proses selanjutnya yaitu pengeringan dengan media penjemuran terbuat dari papan/kayu atau yang lainya.

Cara pengeringan:

  1. Setelah briket dicetak kemudian lanjut dengan penjemuran.
  2. Penjemuran dengan sinar matahari, sampai mengering dan keras, sekitar 5 hari.

Cara Penggunaan

Penggunaanya briket merang padi sama saja dengan penggunaan bahan bakar lainya, siaokan briket yang sudah kering kemudian kasih minyak tanah ataupun lainya sebagai bahan untuk menyalakan api. Nyalakan api dan kipasi sampai menyala.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Tinggalkan komentar