Inovasi Desa Wisata Kreatif Perdamaian Srumbung

Potensidesa.com–Wisata Desa merupakan sebuah tempat yang memiliki nilai dan daya tarik bagi wisatawan. Yang menjadi daya tarik utama dari sebuah desa wisata adalah ciri khas atau keunikan warga desanya. Daya tarik tersebut bisa berupa keaneka ragama, budaya, dan kreativitas masyarakat setempat yang didukung oleh sebuah komodasi maupun fasilitas lainnya. Hal ini yang akan menarik wisatawan datang untuk berkunjung. Seperti Desa wisata Dusun Srumbung Gunung,Desa Poncoruso yang terletak dilereng Gunung Ungaran, Prov. Jawa Tengah yang ditetapkan sebagai Desa Wisata Kreatif Perdamaian (DWKP). Sebuah desa wisata yang mengonsep tema pengembangan seni dan budaya masyarakat setempat sebagai sarana untuk mempromosikan perdamaian dunia. Konsep ini bukanlah sebuah konsep yang asing dalam dunia pariwisata dengan mengusung tema sebagai Agen Perdamaian. Hal ini karena pihak pariwisata mampu memfasilitasi dalam titik temu para wisatawan dari berbagai tempat. Melalui interaksi tersebut timbullah suatu proses memahami antar pihak. Proses inilah yang menjadi icon dan mendukung suatu perdamaian dunia.

Desa Wisata Kreatif Perdamaian mempromosikan potensi Desanya melalui :

1. Dengan mengemas budaya,adat istiadat dan kesenian masyarakat lokal Dusun Srumbung Gunung. Dilengkapi dnegan narasi-narasi perdamaian yang ada didalamnya menjadi suatu atraksi wisata.

2. Membuat icon-icon perdamaian dunia dalam bentuk instalasi seni yang menyatu dengan alam.

3. Membuat program-program perdamaian secara berskala berupa dialog lintas iman, pelatihan- pelatihan,peace camp yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas manusia dalam mengelola nilai kehidupan dengan tema perdamaian.

Dalam proses pengembangannya Desa Wisata Kreatif Perdamaian ini juga memiliki tujuan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat lokal melalui pengelolaan SDM. Pengelolaan SDM ada baik seperti pertanian, kuliner, kesenian, dan budaya, untuk menata wajah desa yang baik disertai wawasan lingkungan ciptaan tuhan.

Pengembangan DWKP melibatkan semua stakeholder seperti perangkat desa, para pemuda, ibu-ibu PKK, Tim Desa Kreatif dan juga para akademis lainya. Rencana kedepanya untuk memajukan Desa Wisata Kreatif Perdamaian diadakan pelatihan pelatihan untuk meningkatkan kualitas Desa Wisatanya.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Tinggalkan komentar