Frame 2

Kementan RI Gelar Pelatihan Tematik Peternakan

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID- 19) bukan hanya berdampak pada kesehatan manusia, tetapi telah berdampak pula terhadap memburuknya sistem keuangan yang ditunjukkan dengan penurunan berbagai aktivitas ekonomi domestik.

Untuk itu, Pemerintah telah mengambil strategi kebijakan dan langkah-langkah luar biasa dalam rangka penyelamatan perekonomian nasional dan stabilitas sistem keuangan melalui berbagai kebijakan relaksasi yang berkaitan dengan pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) khususnya dengan melakukan peningkatan belanja untuk kesehatan dan pemulihan perekonomian.

Dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional, penurunan penerimaan negara, peningkatan belanja negara dan pembiayaan, Pemerintah berusaha melakukan penyelamatan kesehatan dan perekonomian nasional.

Menghadapi permasalahan tersebut Pemerintah mengambil strategi kebijakan “Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)” UJAR Iwan Victor Leonardo & Muhammad Meirizky Ikhsan, KPKNL Palembang.

Menurut Dr. Wasis Sarjono, S.Pt M.Si, yang juga Kepala BBPP Batu mengatakan saat membuka dan memberikan arahan pada kegiatan Pelatihan Tematik Peternakan yang di selenggarakan di Tuban tanggal 9 s.d 11 Juni 2021.

Untuk mendukung program tersebut, menurut KA BBPP Batu Menteri Keuangan telah bekerjasama dengan Kementerian pertanian melalui UPT Pusat, salah satunya BBPP Batu.

Wasis, juga memaparkan, menggelar pelatihan Tematik Peternakan ini, dengan mengambil judul materi pelatihan yang bersumber dari permasalahan yang ada dilapangan.

"Dengan harapan pelatihan ini benar - benar bisa berdampak pada kegiatan peternak yang ada di Kabupaten Tuban pada khususnya," Papar Wasis.

Pria Kelahiran Jawa Tengah ini juga menjelaskan bukan hanya berdampak pada peternakan saja akan tetapi mendorong Program Pemilihan Ekonomi Nasional (PEN) yang ditujukan untuk membantu meningkatkan daya beli masyarakat serta memulihkan perekonomian Indonesia secara keseluruhan, dimulai dari rumah tangga masyarakat yang paling rentan, lalu ke sektor usaha (UMKM).

"Pelan-pelan roda perekonomian mulai berputar. Dengan adanya program PEN diharapkan adanya pertumbuhan ekonomi lanjut,” Wasis.

Selalu penyelengga Catur Puryanto, SST memberikan keterangan bahwa, kegiatan pembukaan pelatihan ini di hadiri oleh beberapa stekholder di wilayah Kabupaten Tuban. Kepala BBPP Batu, Sekretaris Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tuban Ir. Imron Qholik, M.Ling, Kepala Bidang Peternakan drh, Cipta Priyatna, dan 30 peserta dari petugas teknis dan penyuluh Pertanian.

"Adapun materi inti yang disampaikan antara lain memilih bahan pakan ayam petelur, menyusun formulasi pakan ayam petelur berdasarkan SNI, memilih bahan pakan sapi potong dan menyusun formulasi pakan sapi potong berdasarkan SNI ujar,” Catur Puryanto, SST selaku penyelengara pelatihan saat penyampaian laporan persiapan pelatihan.

Penulis: Catur

hello world!
magnifiercrosschevron-down