Frame 2

Komitmen Kuat Pimpinan Jadi Bahan Bakar Tim PPID

POTENSIDESA.COM - Kuatnya komitmen pimpinan menjadi bahan bakar Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi, Bogor untuk berkinerja baik dalam melayani pemohon informasi. Hal tersebut diungkapkan Rita Setyawati, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), saat menerima kunjungan Tim PPID  Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Lampung Mika Margareta dan Ade Setyawan, baru – baru ini.

“Supporting anggaran dan meja informasi juga menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari pengelolaan, “ tambahnya.

Ia melanjutkan, keseriusan PPMKP untuk mengelola PPID ditekankan pada komitmen atasan PPID dalam menggerakkan seluruh komponen organisasi untuk memberikan informasi yang cepat, akurat, sesuai amanah Undang – undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2008.

Mengutip arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi, Rita mengatakan  keterbukaan informasi publik  merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggara negara dan  badan publik lainnya. Pengelolaan informasi publik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi.

Kepala BPPSDMP katanya, menyampaikan juga terwujudnya masyarakat informasi dicirikan dengan hadirnya masyarakat dalam melakukan pengawasan  terhadap penyelenggaraan badan publik yang berakibat pada kepentingan publik, sehingga keterbukaan informasi publik menjadi wajib untuk dikelola dengan baik oleh setiap badan publik.

PPMKP mendorong BPP Lampung dan unit kerja lain untuk bersama – sama meningkatkan kinerja PPID dengan terus memperbaharui informasi berikut media penyalur informasi publik yang berkembang sejalan dengan kebutuhan publik.

Pada akhirnya hal ini ujarnya sesuai harapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dimana informasi dapat digunakan sebagai energi yang mampu mengakselerasi proses pembangunan pertanian Indonesia ke depan.

Bertempat di Ruang PPID PPMKP, Mika Margareta mengutarakan kunjungan merupakan studi kerja Keterbukaan Informasi Publik untuk mempelajari lebih detil mengenai mekanisme PPID PPMKP dalam pelayanan di desk informasi, pengelolaan website dan portal PPID, penyusunan laporan, dan tips serta trik menuju UPT Profesional dan Informatif.

 “Kami ingin menggali pengalaman PPMKP dalam pengelolaan informasi publik, ini sebagai upaya BPP Lampung untuk menigkatkan kinerja PPID, “ ujarnya.

Kata Mika saat ini BPP Lampung dibawah komando Kepala Balai, Abdul Roni Angkat dengan komitmennya telah menginisiasi tata kelola informasi publik dengan menyiapkan prosedur pelayanan dan menyediakan layanan permohonan informasi melalui website dan portal PPID.

Sebagai informasi PPID PPMKP Ciawi, Bogor meraih peringkat I Anugerah Keterbukaan Informasi Kategori Eselon II Lingkup Kementerian Pertanian Tahun 2020. Pemeringkatan keterbukaan informasi publik yang dilakukan setiap tahun ini diberikan atas kinerja layanan informasi dan dokumentasi oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang melakukan inovasi dalam mendukung transparansi kinerjanya

hello world!
magnifiercrosschevron-down