Kuatkan Produk Unggulan Desa, Desa Wonosari Gelar Festival Tahu Tempe

Desa Wonosari sukses menggelar Festival Tahu dan Tempe. Acara yang digelar pada akhir pekan itu (6/7), mampu menarik para wisatawan. Festival ini merupakan inovasi Desa Wonosari yang sebagian besar penduduknya memiliki usaha produksi tahu dan tempe.

Desa Wonosari terletak di Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Kesuksesan penyelenggaraan festival meningkatkan rasa bangga dan kekompakan masyarakat dalam menguatkan tahu dan tempe sebagai produk unggulan desa.

Selama festival, Desa Wonosari mengampanyekan untuk makan tahu dan tempe sebagai menu mendorong tumbuh kembang dan kecerdasan anak-anak sekolah. Ke depan, Festival Tahu dan Tempe akan menggandeng sekolah-sekolah supaya seluruh kantin sekolah menyediakan produk olahan tahu tempe dari Wonosari.

Pemerintah Kabupaten Jember sangat mendukung industri dan UMKM yang bergerak dengan bahan baku tahu tempe. Pemkab Jember akan memberikan bantuan permodalan tanpa jaminan sampai 25 prosen. Selain itu ada pembinaan pengolahan limbah dari tahu tempe agar banyaknya industri di Wonosari tidak mengganggu lingkungan.

Bupati Jember mengapresiasi Festival Tahu dan Tempe yang digagas masyarakat yang bertujuan mengangkat potensi lokal ini. Festival Tahu dan Tempe dimasukan dalam data seratus event tahunan di Kabupaten Jember.

Pemkab Jember akan mendukung pembiayaan sepuluh event terbaik melalui pos APBD Kabupaten.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Tinggalkan komentar