Lima Prediksi Ikan Hias Terlaris 2023

Perkembangan ikan hias kembali menggeliat setelah pandemi Covid-19. Tidak dapat disangkal bahwa pembatasan pergerakan menyebabkan peningkatan penjualan hewan. Banyak orang memilih ikan hias sebagai pelarian saat PPKM, akibatnya beberapa ikan hias kembali populer dan harganya juga tinggi. Memasuki awal tahun 2023, beberapa ikan hias terlaris diprediksi masuk dalam lima besar ikan hias terpopuler.

Lima ikan akuarium teratas yang diperkirakan paling populer di tahun 2023 adalah

Ikan Channa

Awalnya ikan ini lebih dikenal dengan nama ikan gabus seperti yang sering dimakan oleh kita. Namun, dengan corak dan warnanya yang menarik, ikan yang dulunya dikenal sebagai ikan gabus kini masuk dalam jajaran ikan akuarium. Bahkan untuk ikan karnivora Channa, harganya cukup mencengangkan, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

ikan channa - ikan hias terlaris

Channa tidak hanya berasal dari seluruh pelosok Indonesia, tetapi banyak juga yang didatangkan dari luar negeri. Pada awalnya tidak banyak pembudidaya yang berhasil membudidayakan ikan channa sehingga harganya cukup tinggi. Namun karena petani atau pembudidaya ikan hias terlaris ini menunggu dengan sabar, harga ikan channa impor akhirnya relatif stabil.

Ikan channa diperkirakan akan kembali diminati para penghobi. Selain itu, semakin banyak kompetisi ikan channa yang diselenggarakan oleh berbagai komunitas.

Ikan Koi

Bagi sebagian orang, sebenarnya bukan soal koi, tapi soal kualitas air sebagai habitat ikan. Air yang terpelihara dengan baik akan membuat koi tetap sehat dan mampu tumbuh dengan optimal, termasuk menampilkan warna dan coraknya. Saat ini, koi diimpor dari Jepang dan bersumber secara lokal. Untuk ikan asli Jepang bisa dipastikan ukurannya lebih besar dan warnanya lebih jernih.

ikan koi - ikan hias terlaris

Pembudidaya koi lokal mungkin bisa menyamakan kualitasnya dengan koi impor. Alhasil, tentu saja harga jualnya bisa meningkat, dan harga ikan koi saat ini bisa mencapai tak terhingga. Sesuai kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Sebagai catatan, koi adalah ikan “tampak atas”, bukan tampak samping. Corak dan warna ikan koi bisa dilihat dari atas, bukan dari samping. Inilah mengapa koi lebih sering dipelihara di kolam daripada di akuarium.

Arwana

Sebagai ikan karnivora, Arwana tidak akan hilang dari kasta ikan akuarium yang populer. Bahkan memelihara arwana jenis tertentu bisa mendatangkan “gengsi” bagi pemiliknya. Arwana termasuk dalam famili Osteoglossidae dan dikenal sebagai ikan purba yang harganya berkisar ratusan ribu hingga tak ternilai harganya. Harga tergantung jenis dan ukuran arwana.

ikan arwana - ikan hias terlaris

Sangat cocok untuk Red-tailed Arwana, Brazilian Arwana, Banjar, Black Arwana, Super Red Arwana, Cross Back Golden Arwana. Arwana, di sisi lain, sering dianggap sebagai investasi karena semakin besar ikannya dan semakin menarik warnanya, semakin tinggi harganya.

Tidak terlalu sulit untuk memelihara arwana, sehingga banyak pecinta yang memilih ikan karnivora ini. Namun untuk memperpanjang umur pemeliharaan, banyak yang menggunakan pemanas, karena arwana menyukai air hangat.

Ikan Cupang

Ikan berwarna indah ini telah lama menjadi incaran para penggemar ikan akuarium. Jika ada yang mengatakan “Ikan Cupang – ikan yang ganas tapi cantik”, mereka tidak salah. Padahal, warna cupang sangat terkait dengan perkembangan menarik pada ekor dan siripnya. Berbagai perlombaan sering diadakan, sehingga diharapkan menjadi ikan hias terlaris dan digemari.

ikan cupang - ikan hias terlaris

Untuk harga, kemungkinan akan naik lagi di tahun 2023. Meski tidak seperti harga sebelumnya yang bisa mencapai jutaan rupiah. Hal ini karena peminat ikan cupang tetap menarik karena semakin banyak spesies baru yang ditemukan dari berbagai daerah dan negara di luar Indonesia.

Keuntungan beternak cupang adalah tidak diperlukan aerator dan pemberian pakan menjadi mudah.

Ikan Mas Koki

Bagi yang suka menonton ikan, ikan mas sepertinya memiliki tempat tersendiri, dan bentuk serta warnanya yang menarik memberikan kesan menawan bagi orang-orang. Goldfish terbagi menjadi 30 jenis, seperti oranda, ranchu, ryukin, demekin, pearl, celestial. Semua tipe ini akan tersedia dalam warna merah dan putih, calico (tiga warna), unicorn (multi-warna), panda (hitam dan putih), sakura, dan lainnya.

ikan mas koki - ikan hias terlaris

Persaingan ikan hias Mas Koki juga diperkirakan akan kembali meningkat di tahun 2023. Tentunya masih banyak masyarakat yang gemar memelihara ikan gendut ini. Sesuai kesepakatan kedua belah pihak, harga ikan mas juga bisa mencapai beberapa juta rupiah.

Bagaimana Potensidesa.com mulai mengejar spesies ikan hias terlaris apa yang akan dibudidayakan untuk membuka pasar?

 

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Satu pemikiran pada “Lima Prediksi Ikan Hias Terlaris 2023”

Tinggalkan komentar