Melalui SDM Desa, Berliterasi Mandiri di Masa Pandemi

Dampak pandemi covid-19 hampir semua sektor merasakannya, termasuk pendidikan dimana para siswa harus terbiasa dengan metode pembelajaran daring. Namun hal tersebut tidaklah mudah, seperti yang disampaikan pada peringatan Hari Aksara Internasional Tingkat Nasional, bahwa guru kesulitan dalam mengelola PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh), lalu tidak semua orang tua mampu mendampingi anak belajar di rumah. Hal tersebut bahkan berpotensi menimbulkan stress dan jenuh berkelanjutan.

Kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 memerlukan adaptasi tertentu. Para siswa harus terbiasa lebih mandiri guna mengeksplore diri. Kita sebagai SDM desa, harus lebih melihat kebiasaan di lingkungan serta apa yang harus ditingkatkan, dengan melihat masalah pada kualitas SDM di sekitar. Menggali dan merevitalisasi pendidikan dan nilai budaya lokal melalui aktivitas literasi yang aman dan menyenangkan di masa pandemi seperti ini.

Menyediakan layanan yang inovatif dan interaktif dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yaitu membangun Taman Bacaan Masyarakat secara mandiri dengan pemberdayaan SDM sekitar seperti ibu rumah tangga maupun para pemuda-pemudinya. Dan mencari dukungan dari komunitas, dunia usaha dan industri melalui tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility) atau disingkat CSR untuk membantu dalam membangun TBM maupun penambahan koleksi buku dan pendukung lainnya.

Seperti di Taman Baca Carmel atau disingkat TBM Carmel, Desa Waringinkurung, Kabupaten Serang. Disini kami berinisiatif membangun Taman Bacaan Masyarakat secara mandiri. Dengan konsep yang unik, bukan hanya memberikan akses layanan bahan bacaan bagi masyarakat tetapi diharapkan bisa menjadi poros pengembangan 6 literasi dasar sehingga tumbuh para aksarawan yang cerdas, kreatif dan produktif yang mampu melestarikan dan meningkatkan kemampuan literasi masyarakat serta mendorong terciptanya masyarakat pembelajar sepanjang hayat.

Untuk lebih detail dan lengkapnya dapat mengunjungi website kami di https://tbm.tricyber.org

SDM Desa Unggul, Indonesia Maju !

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Tinggalkan komentar