Mengubah Sampah Menjadi Rupiah

Potensidesa.com— Permasalahan sampah menjadi isu nasional dengan terus berjalanya waktu. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan juga kemajuan teknologi. Hal ini yang berdampak akan timbunan sampah yang menumpuk. Sampah akan menjadi permasalahan yang parah jika tidak segera diolah. Sampah yang semakin meumpuk akan merusak lingkungan dan menyebabkan penyakit. Oleh karena itu diperlukan teknik pengolahan sampah yang baik dan benar dan juga membutuhkan sebuah ketelatenan dan kesabaran dalam melakukanya.

Hal ini telah diterapkan di Pondok Pesantren Al-Ihya Ulumadin Kesugihan Cilacap melalui Lembaga Bank Sampah Nasional (BSN) Al Ihya Ulumaddin. Slogan yang diambil adalah “Mengubah Sampah Menjadi Rupiah” . Tujuan utama dari lembaga ini adalah untuk mengatasi masalah organik maupun an-organik yang ada di pesantren. Untuk sampah organik pihak BSN mengolahnya dengan budidaya Magot yang sumber makanannya dari sisa-sisa sayur maupun nasi yang berasal dari pesantren. Sedangkan untuk pengolahan sampah non-organik seperti kain bekas, plastik,botol minuman dan lain lainya juga diolah menjadi barang barang yang memiliki nilai jual. Dengan menerapkan prinsip 3R menciptakan sebuah produk”Dalang” yang artinya Daur Ulang kain bekas menjadi Vas Bunga dan juga Lampu Tidur yang memiliki nilai estetika dan nilai jual yang tinggi. Bahan yang diperlukan juga mudah dan tidak terlalu ribet. Yuk simak bagaimana proses pembuatanya :

Pembuatan vas bunga dan lampu tidur dari kain bekas

1. Siapkan kain bekas (handuk, sarung,dll,) dan potong kain sesuai dengan selera.

2. Campurkan semen dan air kemudian aduk dengan kondisi adonan kental tidak terlalu encer.

3. Siapkan alat untuk membuat bentuk vas bunga atau lampu tidur. Gunakan ember atau bahan lainnya, kemudian balikan dan dikasih penyangga dibawahnya.

4. Masukan kain bekas yang sudah dipotong kedalam adonan semen, kemudian atur dan bentuk sesuai selera di atas ember yang menjadi media cetak.

5. Selanjutnya proses pengeringan, biasanya proses pengeringan ini membutuhkan waktu 24 jam. Biarkan vas bunga mengering dan keras.

6. Setelah proses pengeringan selesai selanjutnya proses pemberian warna supaya terlihat menarik. Gunakan pilox untuk memberi warna, berilah warna susuai dengan keinginan anda.

7.Proses terakhir yaitu, bila anda menghendaki vas bunga untuk dibuat menjadi pot, berilah tanah dan tanaman didalam vas bunga yang sudah jadi. Jika anda berkeinginan untuk membuat lampu tidur, anda tinggal memasang instalasi lampu.

Mudah bukan? , Selain untuk memanfaatkan sampah, Anda juga mendapatkan pundi pundi rupiah dari hasil jualan vas bunga maupun lampu tidur.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Tinggalkan komentar