Mina Abadi Farm, Kembangkan Panen Lele 130 Hari

CARA budidaya ikan yang baik dapat diterapkan juga untuk ikan lele. Dengan cara ini banyak keuntungan dapat diraih, seperti air tak berbau dan pertumbuhan lele lebih maksimal.   Ketika saling dipadukan seperti soal pemberian pakan terjamin, sirkulasi air yang baik, memilih jenis bibit unggul dan manajemen pengelolaan kolam yang benar, diharapkan dapat mengantarkan sukses dalam membudidayakan ikan lele.

Pemilik Mina Abadi Farm, Winardhiarta Muhammad Junus termasuk yang sudah menerapkan cara budidaya ikan yang baik. Khususnya dalam membudidayakan jenis ikan lele sangkuriang, Junus yang tinggal  di kawasan Janten Kasihan Bantul ini pernah mendapat piagam penghargaan cara budidaya ikan yang baik dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Pusat pada November 2014 silam.

Soal pemberian pakan antara lain lebih banyak menggunakan pelet buatan pabrik yang sudah dapat memenuhi zat gizi bagi lele seperti protein. Kalaupun ada pakan tambahan, memilih yang bersih seperti camilan hampir kadaluwarsa lalu diolah lagi dengan digoreng dan ditumbuk. “Saya emoh memberi pakan asal-asalan seperti bangkai ayam, jeroan ayam, tikus mati maupun kotoran ternak,” ungkap Junus, baru-baru ini.

Khususnya ikan lele, sebut Junus, ia lebih memilih jenis sangkuriang sebab mempunyai beberapa keunggulan dibanding jenis lainnya seperti dumbo, phyton maupun masamo. Perbandingan kepala dan panjang badan sangkuriang, yakni 1:5, sedangkan phyton 1:4, sehingga panjang badan sangkuriang lebih panjang. Selain itu sangkuriang mempunyai tekstur daging lebih lembut, padat dan empuk.

“Bahkan tingkat pertumbuhannya lebih cepat serta produktivitas tinggi. “Dapat juga dibudidayakan pada lahan dan sumber air terbatas dengan padat tebar tinggi,” paparnya. (Yan)

About admin

Check Also

Pemdes Wlaharwetan Latih Warga Budidayakan Perikanan Sistem Bioflok

Potensi Desa – Pemerintah Desa Wlaharwetan menyelenggarakan pelatihan budidaya perikanan dengan sistem bioflok, Sabtu (19/2). Sistem bioflok …