Nikmatnya Teh dan Keripik Purwaceng dari Desa Wulungsari

Memilik Banyak Manfaat

Bila Anda berkunjung ke Desa Wulung sari, cobalah untuk membeli teh dan keripik Purwaceng. Purwaceng yang memiliki nama latin Pimpinela alpina merupakan ikon dari daerah dingin Wonosobo, selain tempe kemul, mie ongklok dan carica.  Tanaman ini banyak dijumpai di daerah dataran tinggi Dieng, Wonosobo dan Banjarnegara.

Menurut Ali Mustofa (43), pendamping KWT Tani Mulya menyebutkan bahwa purwaceng memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh manusia. “Manfaat purwaceng adalah untuk menghangatkan tubuh, menjaga stamina, melancarkan haid dan untuk melancarkan saluran kencing,” tutur Ali Mustofa pada acara Jambore Desa di Wulungsari, Selomerto, Wonosobo (15/12).

Kelompok Wanita Tani Depok, Wulungsari membudidayakan purwaceng dengan polibag. Tumbuhan dengan usia tanam satu bulan ini, dapat diolah menjadi teh purwaceng. Untuk dijadikan teh purwaceng, daun diolah dengan cara penjemuran tidak langsung terkena sinar matahari. Tujuannya untuk menjaga warna daun tidak berubah seperti warna teh lainnya.

Teh purwaceng cocok diseduh dengan menggunakan gula batu atau gula aren untuk memancing aromanya. Hal ini dikarenakan teh purwaceng tidak begitu harum seperti teh pada umumnya,” tambah Ali Mustofa.

Selain dibuat teh, daun purwaceng juga bisa diolah menjadi kripik daun purwaceng tanpa mengurangi khasiatnya. Hanya saja potensi purwaceng KWT Tani Mulya ini belum maksimal pada pengolahan kripik daun purwaceng.

“Kami belum memiliki spinner untuk membuang minyak pada kripik. Selama ini masih menggunakan tisu dapur saja,” jelas Ali Mustofa.

KWT Tani Mulya setiap bulannya dapat memproduksi teh sebanyak 5 kg dan 20 kg kripik. Harga teh 5 ribu rupiah ukuran 100 gram, sedangkan untuk kripik ukuran 100 gram dijual dengan harga 10 ribu rupiah. Penjualan kripik purwaceng tidak hanya di wilayah wonosobo saja, tetapi juga dikirim ke luar kota sesuai pesanan.

“Tidak perlu khawatir dan takut, karena dalam kemasan teh sudah tersedia gula batu, hingga bisa langsung seduh,” pungkas Ali Mustofa.

Apabila Anda ingin memesanan teh dan keripik purwaceng, Anda bisa menghubungi Ali Mustofa (085327226168/ 081357849041).

Ikfi Muallifa Izzati

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Satu pemikiran pada “Nikmatnya Teh dan Keripik Purwaceng dari Desa Wulungsari”

Tinggalkan komentar