Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Gak Ada Matinya

Potensi Desa – Hidup di desa merupakan hal yang sangat menyenangkan. Dilihat dari berbagai aspek keindahan alamnya dan ketersediaan berbagai sumber daya alamnya. Banyak orang di desa tidak mencoba memanfaatkan apa yang ada di desa, mereka lebih memilih pergi ke kota. Padahal jika ditelusuri lebih lanjut, peluang usaha di desa sangatlah lebih dari cukup untuk bisa mendapatkan sumber penghasilan.

Pada kali ini Potensidesa.com akan memberikan 10 ide usaha di desa yang potensial. Jadi buat kalian yang memang mungkin lagi nyari-nyari usaha di desa di simak artikel ini sampai habis.

1. Bertani

Saat mendengar kata petani banyak banget yang menyepelekan tentang usaha ini. Padahal usaha di bidang pertanian adalah usaha yang langsung menangani kebutuhan paling mendasar umat manusia. Tanah yang subur dan air yang melimpah bertani bisa menjadi salah satu usaha yang potensial untuk dijalankan di desa. Kalau tidak punya lahan pun, akan ada banyak sekali lahan-lahan yang disewakan atau paling tidak kita bisa garap lahan punya orang lain dan bisa berbagi hasil.

2. Menjual aneka bibit yang siap tanam

Menjual berbagai jenis bibit yang siap tanam merupakan usaha yang menjanjikan di desa. Karena selain kondisi lingkungan yang sangat mendukung seperti jauh dari polusi dan dekat dengan sumber air, peluang usaha yang satu ini memiliki pasar para petani-petani yang mungkin malas untuk menyemai sendiri. Ada para petani-petani yang selalu gagal dalam menyemai bibit akhirnya memilih untuk membeli saja.

3. Toko pertanian seperti pupuk obat-obatan bibit dan alat pertanian

Peluang usaha di kampung ini identik dengan usaha yang berhubungan dengan petani dan bercocok tanam. Banyaknya petani di desa membuka toko pertanian sangatlah potensial untuk dijalankan di desa.

4. Pengepul

Hasil pertanian usaha yang satu ini jangan diragukan lagi. Karena distribusi bahan-bahan yang ada di desa ke kota sangatlah dibutuhkan oleh warga, baik oleh warga desa maupun warga kota itu sendiri. Setelah mengirim barang dari desa, kita juga bisa membeli barang di kota untuk dipsasarkan kembali ke desa kita.

5. Jual beli batu

Jual beli batu mungkin asing bagi beberapa orang. Jual beli batu sangat potensial untuk dijalankan di desa karena di desa masih melimpah batu-batu yang tidak termanfaatkan jika di kampung kalian banyak pegunungan-pegunungan batu. Alangkah baiknya kalian untuk dipecah dan untuk dijual selagi banyak gorong-gorong atau rumah-rumah yang akan dibangun. Kebutuhan akan batu selalu dibutuhkan bagi banyak warga.

6. Bisnis ternak ayam petelur

Lahan yang luas di perkampungan cocok sekali untuk ternak ayam petelur. Karena ayam-ayam petelur ini rawan stress kalau di pemukiman padat. Kebutuhan telur setiap harinya selalu ada. Selain beras dan daging ayam orang kita juga suka makan olahan telur seperti martabak telur, telur dadar, telur mata sapi, sambal telur, nasi goreng telur, oseng-oseng ditambah telur. Tidak sedikit hidangan yang biasa kita makan menggunakan telur. Oleh karenanya membuka bisnis ayam petelur di desa sangatlah potensial untuk dijalankan

7. Beternak ayam potong

Sama halnya dengan ayam petelur, jenis ayam broiler ini juga harus jauh dari pemukiman. Selain ayam yang gampang stress kalau berdekatan dengan pemukiman warga, warganya juga ikut stress kalo di pemukiman ada yang memelihara ayam broiler. Jadi usaha ini cocok untuk dijalankan di desa. Kebutuhan akan daging sangatlah besar apalagi saat musim hajatan dan hari-hari besar. Oleh karena itu beternak ayam potong sangatlah besar potensinya.

8. Budidaya ikan air tawar

Lahan yang luas dan air yang melimpah membuat budidaya air tawar sangatlah potensial dijalankan di desa. Apalagi jenis-jenis ikan tawar seperti lele, ikan emas, dan gurameh sangatlah banyak peminatnya.

9. Pembesaran kambing

Lahan yang luas, gunung-gunung yang asri, banyak sekali rumput-rumput yang segar jadi cocok sekali untuk melakukan usaha pembesaran kambing di desa. Biasanya pembesaran kambing dilakukan enam bulan sebelum lebaran haji, karena pembelian sebelum lebaran haji harga kambing masih relatif murah. Setelah kambing dibeli, berikan makanan yang bergizi seperti dan sempurna agar kambing-kambing ini saat lebaran haji menjadi montok-montok dan segar-segar. Saat itulah kambing-kambing ini dijual dengan harga yang mahal.

10. Usaha WiFi

Membuka usaha WiFi merupakan salah satu peluang usaha di desa skala rumahan yang menguntungkan. Apalagi saat ini orang-orang banyak membutuhkan koneksi internet. Saat ini, di desa jarang sekali ada fasilitas wifi wifi gratis tidak seperti di kota yang mungkin banyak fasilitas wifi gratis. Jadi usaha WiFi di desa masih sangatlah potensial apalagi saat seperti ini semua serba daring.

Dicuplik dari YouTube

About admin

Check Also

Suikerfabriek Kalibagor, Harta Karun yang Kini Merana

Keberadaannya di masa kolonial sempat mengangkat pamor Banyumas sebagai salah satu pemasok gula di Pulau …