Pemanfaatan Sabut & Limbah Kelapa

Potensidesa.com–Wilayah Indonesia merupakan sebuah wilayah yang kaya akan Sumber Daya Alamanya. Seperti yang kita tahu tanaman kelapa yang dikenal dengan tanaman sejuta manfaat bisa dimanfaatkan dari sabut kelapa sampai limbah kelapa. Dikarenakan Seluruh bagian dari tanaman kelapa bisa dimanfaatkan oleh manusia.

Pengertian Sabut Kelapa

Sabut Kelapa atau biasa dikenal dengan cocopeat yang telah diubah menjadi bubuk. Cocopeat merupakan limbah dari pohon kelapa yang dapat kita gunakan sebagai media tanam atau media campuran untuk membuat bahan organik. Sabut kelapa biasa digunakan sebagai media tanam untuk menanam berbagai tanaman seperti anggrek, daun mint, sawi, dll.

Fungsi sabut kelapa ini tidak hanya bermanfaat untuk media tanam, tetapi juga untuk perkembangan tanaman. Untuk serbuk batok kelapa, manfaatnya dapat menghemat sekitar 50% penggunaan pupuk tanaman. Bagi Anda yang suka menanam tanaman di pekarangan rumah, tidak ada salahnya mencoba media tanam sabut kelapa.

Pemanfaatan Sabut Kelapa

Untuk sabut kelapa mentah tanpa rasa biasanya diambil dari buah kelapa yang sudah berbuah terlebih dahulu, kemudian bagian atasnya dibelah dan dipotong kecil-kecil. Kemudian rekatkan kembali dengan kawat dan berikan gantungan kawat untuk digunakan sebagai media tanam gantung yang bisa Anda gunakan untuk menanam bawang merah, tomat dan tanaman lainnya.

Penggunaan sabut kelapa sebaiknya digunakan di daerah dengan curah hujan rendah, karena bagian bawah tempurung kelapa akan membusuk jika terus menerus terkena air dalam jumlah besar. Padahal, jika sabut kelapa yang Anda gunakan cepat busuk, bisa menimbulkan penyakit. Jika Anda menggunakan batok kelapa dan ingin menghindari pembusukan, cobalah merendam batok kelapa dalam larutan fungisida terlebih dahulu.

Sabut kelapa merupakan limbah terbesar pada buah kelapa yaitu sebesar 42% yang kesemuanya memiliki banyak manfaat bagi manusia dan tumbuhan. Air kelapa juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi tanaman, yaitu sebagai bahan dalam pembuatan pupuk organik cair.

Saat membuat media tanam dari sabut kelapa dalam pot, ukurannya bisa disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Keuntungan menggunakan sabut kelapa dalam bentuk ini adalah lebih ramah lingkungan karena menggunakan bahan-bahan alami yang ada sehingga menghilangkan kebutuhan akan plastik.

Pada awalnya sabut kelapa hanya digunakan untuk bahan bakar industri dan rumah tangga. Namun cara ini diperkirakan masih belum menyerap sebagian besar sabut kelapa dari sisa pengolahan kelapa. Selain itu, ternyata hal ini masih membuat limbah sabut kelapa menjadi boros atau bahkan tidak berguna. Dengan ini diperlukan SDM yang kreatif dan inovatif agar mampu memanfaatkan tanaman kelapa secara maksimal. Tidak hanya di gunakan sebagai bahan pupuk, bagian dari kelapa, batoknya bisa juga dibuat menjadi briket batok kelapa sebagai pengganti bahan bakar arang. Serabutnya juga bisa dibuat kreasi yang unik dan kreatif seperti pot bunga, keset, sapu dan lainnya, dan juga bisa di Exspor ke luar negeri. Nah, Itulah sebagian manfaat yang bisa kita ambil dari tanaman sejuta manfaat. Kita akan merasakan manfaatnya jika kita benar benar memanfaatkanya dengan maksimal.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Tinggalkan komentar