Pentingnya SDM Kreatif dan Inovatif Untuk Menggali Potensi Desa

Potensidesa.com–Pemerintah sangat mementingkan pembangunan ekonomi pedesaan melalui proses menggali potensi desa. Terus memajukan pembangunan dan memanfaatkan melalui inovasi desa di pedesaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Dengan diadakannya Program Inovasi Desa (PID) diharapkan setiap desa di Indonesia akan semakin maju dan sejahtera.

Pemerintah sangat memperhatikan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan desa, jumlah dana bantuan desa yang diberikan oleh pemerintah pusat tidaklah sedikit. Dana desa harus dikelola dengan baik dan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Penggunaan dana desa harus efektif dan tepat sasaran dalam mewujudkanya diperlukan teknik untuk menggali potensi desa yang ada. Dana desa yang dialokasikan dapat digunakan untuk melaksanakan proyek inovasi tingkat desa dan harus ditentukan bersama. Pengembangan proyek inovasi pedesaan harus dirancang dengan cermat. Program tersebut harus dapat memberikan manfaat langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat.

Adanya Program Inovasi Desa (PID) diharapkan dapat mendorong pemerintah dan masyarakat desa untuk memanfaatkan potensi sumber daya alam, sumber daya manusia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk turut serta meningkatkan pendapatan utama desa. Hal ini untuk mewujudkan kemandirian desa yang berkelanjutan.

Perkembangan teknologi dan informasi juga mendorong lahirnya ide-ide kreatif, inovasi melalui program-program yang mendasari berbasis data dan pelayanan publik berbasis teknologi. Open mind atau visi pemerintah desa dan kelembagaannya juga menjadi faktor penting dalam mendorong lahirnya inovasi. Perencanaan dan partisipasi multi pihak diperlukan untuk menciptakan terobosan-terobosan baru di desa.

Berikut ini bebrapa pogram yang bisa jadi referensi bagi desa agar bisa berinovasi untuk kesejahteraan masyarakat desa :

1. Program Desa Mandiri BPJS

2. Program Inovasi Teknologi Air untuk Persediaan Air di Desa

3. Mengubah Limbah Minyak Jadi PAD

4. Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro

5. Program Penyusunan Informasi Tanah Milik Warga

6. Tempat Pengolahan Sampah Terpadu

7. Budidaya Ikan di Irigasi

8.Program Inovasi Desa Pemanfaatan Tenaga Ahli untuk Pengembangan Usaha Desa

9. Program Inovasi Desa Membangun Sekolah untuk Memenuhi Kebutuhan Pendidikan

10.Program Inovasi Desa Membuka Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat

Bagaimana dengan program desamu? Mari berinovasi untuk desa yang lebih sejahtera.

 

About admin

Check Also

peluang usaha di desa

Peluang Usaha di Desa yang Potensial dan Gak Ada Matinya

Potensi Desa – Hidup di desa merupakan hal yang sangat menyenangkan. Dilihat dari berbagai aspek …