Rotan Hasil Hutan Bahan Pembuatan Mebel dan Kerajinan

potensidesa.com Rotan merupakan salah satu komoditas sumber daya alam hasil hutan indonesia non kayu yang banyak tumbuh di daerah hutan hujan tropis. Tanaman rotan merupakan tanaman sejenis palem yang merambat dan bisa tumbuh dengn panjang hingga 100 meter atau bahkan lebih. Rotan memiliki nilai jual yang cukup tinggi, terutama dalam pasar internasional atau ekspor. Dalam hal tersebut indonesia sendiri mampu memenuhi 80% kebutuhan rotan di dunia, maka dari itu tidak heran indonesia dijuluki sebagai negara penghasil rotan terbesar di dunia.

Tercatat di daerah Sulawesi Tengah terdapat 38 yang secara potensialnya dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai produk kerajinan dan mebel. Namun saat ini baru sekitar tujuh jenis rotan dari Sulawesi Tengah yang sudah diperjual belikan. Beberapa jenisnya yaitu: rotan lambang (Calamus sp), rotan batang (Daemonorops inops Werb), rotan tohiti (Calamus simpisipus), rotan merah (Calamus panayuga Becc), rotan ronti (Calamus axilais), rotan susu (Calamus sp) dan rotan umbul (Calamus shympsipus). Setiap jenis kayu memiliki karakteristiknya masing-masing begitu juga dengan rotan yang seringkali disebut mirip dengan bambu.

Karakteristik Rotan
  1. Memiliki bentuk batang yang silindris
  2. Seratnya lebih kuat dan kokoh dari bambu
  3. Tekstur batangnya sudah halus tanpa perlu diamplas
  4. Ruas bantangnya lebih samar dibandingkan ruas pada batang bambu

Dari rotan yang dibelah kemudian akan menghasilkan tali tipis yang kuat yang biasa disebut dengan fitrit atau petrik. Kemudin kulit rotan tersebut bisa menghasilkan anyaman yang sangat kuat.

Di Indonesia rotan bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan dan juga digunakan sebagai bahan baku dalam industri mebel. Rotan memiliki warna yang cukup khas yaitu putih kekuningan, coklat dan hitam. Industri mebel dari rotan yang berada di indonesia yang saat ini berkembang pesat yaitu berada di Cirebon, Yogyakarta, Solo dan surabaya. Semuanya menggunakan rotan yang berasal dari hutan-hutan di Indonesia, salah satunya yaitu dari hutan Sulawesi Tengah. Berikut ini beberapa produk yang dihasilkan dari rotan dengan berbagai desain dan inovasi.

Produk-produk dari rotan diantaranya yaitu:
  • Anyaman Furniture

Produk-produk furniture yang bisa dihasilkan dari rotan diantaranya yaitu meja, kursi, rak buku, frame. Dengan pemilihan bahan baku menggunakan rotan membuat produk-produk yang dihasilkan memiliki kesan tradisional yang sangat khas.

  • Alas Gelas dan Piring

Salah satu alasan dipilihnya rotan untuk membuat produk ini adalah, karena permukannya yang tidak licin. Selain itu juga karena rotan memiliki sifat yang lentur dan mudah untuk dibentuk.

  • Bahan dasar berbagai interior dan juga eksterior

Selain digunakan untuk berbagai pelengkap, aksesoris dan lain-lain. Rotan juga bisa digunakan sebagai bahan dari sebuah bangunan, namun biasanya hal tersebut lebih banyak ditemukan di daerah pedesaan. Tetapi saat ini juga mulai banyak penggunaan rotan untuk berbagai kombinasi-kombinasi yang menghasilkan ornamen menarik.

Selain produk-produk yang dijelaskan diatas, masih banyak produk-produk yang dapat diciptakan dengan bahan dasar rotan yang berasal dari hasil hutan indonesia.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Tinggalkan komentar