Frame 2

Si Hitam Manis Gambang, Lebaran di Tanah Bugis Tak Lengkap Tanpanya 

Potensidesa.com - Lebaran di Tanah Bugis, Sulawesi Selatan rasanya tak lengkap jika tanpa si hitam manis, tapai ketan hitam atau gambang.

Menu tapai ketan hitam merupakan menu wajib yang dihidangkan di meja makan setiap Lebaran. Khususnya bagi warga suku bugis yang ada di Kabupaten Sidrap, Bone, Wajo, Soppeng, dan Pinrang Sulawesi Selatan.

"Tradisi menu berlebaran di tanah Bugis memang terasa tidak lengkap tanpa hadirnya tapai ketan hitam di meja makan," kata Wawan kepada Reporter taloidsinartani.com, Sabtu 15 Mei 2021.

"Setiap massiara atau tradisi silaturahmi (mengunjungi) keluarga dan sahabat, tapai atau gambang selalu ada sebagai hidangan khas Lebaran yang disajikan ke handai taulan yang datang bertamu," lanjut Wawan.

Bahan dasar dalam pembuatan tapai yakni beras ketan hitam dan ketan kemudian keduanya dikukus terlebih dahulu kemudian diberi ragi.

"Tapai ketan hitam pada umumnya dibuat dua hari sebelum hari Lebaran. Jadi pada saat Lebaran tiba, tapai ketan hitam sudah masak dan siap untuk disajikan dengan cita rasa yang manis yang dihasilkan oleh ragi yang berkualitas.

(Hum/ar/red)

hello world!
magnifiercrosschevron-down