Frame 2

Sosok Penyuluh yang Dirindu Daerah Menurut Bupati Aceh Tamiang

POTENSIDESA.COM - Penyuluh merupakan tokoh yang sangat penting dalam dunia pertanian, karena tanpa penyuluh yang door to door, petani tidak mungkin sampai kepadanya ilmu pengetahuan, keterampilan dan teknologi pertanian kepada mereka.


Bupati Aceh Tamiang, Mursil SH, M.Kn mengatakan orang yang langsung berhubungan dengan petani hampir setiap hari adalah penyuluh. Penyuluh adalah orang yang paham segala sendi kehidupan petani. "Sikap dan tingkah laku serta bagaimana memahami jiwa petani, penyuluh sudah tahu," tuturnya.

Penyuluhan dahulu lanjutnya, masih konvensional dengan medianya murni harus melalui tatap muka saja, karena keterbatasan sarana informasi dan komunikasi. Selain itu jarak yang jauh terkadang menjadi hambatan penyuluh kita untuk bisa datang ketemu petani untuk melakukan penyuluhan. "Petani mau menerima setiap saran dan ilmu dari penyuluh asalkan sudah bisa dibuktikan hasilnya," timpal Bupati.

Penyuluhan saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi informasi dan komunikasi yang lebih baik. Bahkan sekarang setiap BPP  di Aceh Tamiang, "Alhamdulillah sudah dilengkapi dengan Wi-fi sehingga sasaran Kostratani sudah dapat terjawab," jelasnya. Namun petani hari ini lebih pintar dengan mengunjungi website, mereka juga sudah bisa belajar tentang teknologi baru dari Youtube awalnya, sehingga PPL kita yang harus lebih mumpuni untuk menjawab ini.

Daerah yang agak ekstrem lokasinya dapat dilakukan penyuluhan jarak jauh dengan komunikasi lewat video call atau zoom, walaupun pertemuan tatap muka juga harus dilakukan.

Salah satu cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan penyuluh dan penyuluhan adalah dengan terus menerus melakukan pembinaan dan meningkatkan pengetahuannya, melalui bimbingan teknis dan lainnya. Hal ini penting katanya agar penyuluhan bisa disampaikan menjadi lebih baik untuk sampai kepada petani.

Evaluasi kinerja penyuluh selalu dilakukan oleh Dinas Pertanian agar segala simpul penyumbatan cepat diluruskan. Termasuk mengaktifkan pertemuan dua mingguan sebagai wadah pertemuan dengan penyuluh.

Sosok penyuluh yang dibutuhkan daerah saat ini kata Bupati, adalah penyuluh yang mampu merubah mindset petani dari cara bertani yang konvensional menjadi petani yang modern dan maju. Namun dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan juga kearifan lokal. "Artinya mereka cepat tanggap dengan kondisi yang terjadi di tengah masyarakat," tukasnya.

Bupati berharap agar penyuluh juga "harus mampu berinovasi baik dalam teknik penyuluhan maupun inovasi terhadap produk produk yang baru maupun yang sudah ada, demi kemajuan penyuluh dan penyuluhan itu sendiri," pintanya.

(Hum/Ard/Red)

hello world!
magnifiercrosschevron-down