Teh Daun Kelor, si Kecil dengan Banyak Manfaat

potensidesa.com Daun kelor (Moringa oleifera) merupakan jenis tanaman yang banyak ditemui dan sudah tidak asing lagi di Indonesia. Selama ini daun kelor atau yang biasa juga disebut dengan moringa hanya diolah sebagai salah satu campuran bahan pada masakan. Contohnya yaitu sebagai campuran pada sayur bening misalnya. Padahal daun kelor bisa juga diolah menjadi berbagai olahan lainnya seperti: Abon, teh daun kelor, cake, nugget bahkan bisa diolah menjadi bolu. Namun saat ini pengetahuan masyarakat tentang cara pengolahan daun kelor tersebut masih sangat kurang.

Di Indonesia sudah banyak dan sering kali dengan mudah kita dapat menemukan tanaman kelor ini. Daun kelor sendiri memiliki banyak manfaat bagi berbagai macam keperluan dan kebutuhan masyarakat di setiap daerah masing-masing. Karena berbagai kandungan dan manfaat dari daun kelor tersebut, kemudian tumbuhan kelor dijuluki sebagai pohon ajaib (miracle tree). Manfaat yang utama adalah dalam hal manfaat pangan, karena kelor memiliki kandungan gizi yang cukup baik dan lengkap bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah manfaat lain dari daun kelor yaitu

Beberapa manfaat daun kelor diantaranya yaitu:
  1. Menagkal radikal bebas
  2. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
  3. Mencegah peradangan
  4. Membantu menyembuhkan luka
  5. Menyehatkan kulih
  6. Mengatasi anemia
  7. Mengatasi asma

Nah ternyata daun kelor memiliki banyak manfaat selain untuk kesehatan tubuh, kelor juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai produk kecantikan mislanya masker wajah. Salah satu olahan pangan dari daun kelor yang saat ini cukup banyak dikenal oleh masyarakat adalah olahan berupa teh daun kelor. Untuk membuat produk tersebut dibutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mendapatkan hasil akhirnya.

Salah satu desa yang mengelola daun kelor menjadi produk teh daun kelor adalah Desa Karangrowo. Produk teh daun kelor menjadi salah satu produk lokal unggulan desa tersebut, seluruh proses produksi masih dilakukan dengan cara manual. Maka dari itu untuk mendukung indusri tersebut membutuhkan adanya support dan juga dukungan untuk mengembangkan atau memasarkan produk. Produk dari daun kelor ini diproduksi langsung dan sendiri oleh warga dari Desa Karangrowo tersebut. Selain itu untuk mengembangkan tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan yang khusus.

Pembuatan produk dari daun kelor ini membutuhkan waktu yang panjang karena mereka sangat memperhatikan kualitas poduksi dari bahan tersebut. Berikut ini adalah cara membuat teh daun kelor.

Cara pembuatan teh daun kelor yaitu:
  1. Panen daun kelor dan juga ranting-rantingnya sekalian pada pagi hari
  2. Lepaskan atau pisahkan daun kelor dari rantingnya, dan pilah daun kelor yang bagus tanpa bercak kuning di daunnya
  3. Siapkan wadah atau nampan untuk alas menjemur daun kelor, kemudian tutup menggunakan kain hitam bersih
  4. Taburkan atau letakan daun kelor ke atas permukaan kain hitam yang menutupi wadah atau nampan tadi yang sudah disiapkan
  5. Tutup daun kelor menggunakan kain hitam sisa tadi, lalu simpan didalam suhu ruang selama kurang lebih 3 hari, jangan keringkan dibawah sinar matahari langsung
  6. Setelah dikeringkan selama 3 hari, daun kelor kemudian akan mengering dan hancur jika diremas
  7. Simpan kedalam toples dan teh daun kelor siap untuk dikonsumsi.

Terkait dengan pemasaran, produk daun kelor yang dihasillkan oleh masyarakat Desa Karangrowo sementara hanya dipasarkan kepada warga desa sekitar saja. Hal tersebut terjadi karena belum adanya surat izin atau keterangan izin PIRT. Dan berdasarkan testimoni dari warga yang sudah mengkonsumsi teh daun kelor tersebut yang mereka rasakan adalah meningkatnya kekebalan tubuh, dan nafsu makan.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

Tinggalkan komentar