Tingkatkan Pelayanan Publik, Desa Sengguruh Lakukan Dijitalisasi Basis Data Penduduk

Kepanjen adalah satu dari 33 Kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, sekaligus merupakan ibukota dari Kabupaten Malang sendiri. Uniknya, Kabupaten Malang terbelah oleh dua kotamadya, yaitu Batu dan Kota Malang, sehingga jarak tempuh antara kecamatan menuju Kepanjen sebagai pusat perkantoran sangat jauh.

Untuk menyiasati jauhnya jarak tempuh, pemerintah desa membentuk sistem dengan melakukan input database masyarakat seluruh desa. Era dijital menawarkan banyak software pada desa, melalui aplikasi spreadsheet yang dikelola dengan baik dan maksimal dapat menjawab bentuk-bentuk pelayanan masyarakat yang bersifat administratif.

Nama InovasiDigitalisasi Pelayanan Publik Masyarakat
PengelolaPemerintah Desa Sengguruh
Lokasi/alamatDesa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur
Kontak PersonJamburi
Telepon+62-812-5913-8046

Tujuannya untuk menyederhanakan pelayanan terpadu administratif masyarakat. Adapun penggalian data dilakukan dengen memberdayakan pemuda pemudi karangtaruna.

Selanjutnya harapan dan langkah kedepan untuk pengembangan inovasi pelayanan publik, pemerintah desa merencanakan diadakannya ruang terbuka hijau. Bermaskot topeng khas Serungguh nantinya akan digunakan sebagai wisata murah masyaarkat yang didalamnya juga terdapat sarana olahraga serta permainan anak.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements

6 pemikiran pada “Tingkatkan Pelayanan Publik, Desa Sengguruh Lakukan Dijitalisasi Basis Data Penduduk”

  1. Desa kami mengembangkan pelayanan administrasi masyarakat dengan sistem barcode. Pelayanan jadi sangat cepat seperti di kasir swalayan. Tahun 2017 menjadi pemenang inovasi desa tingkat kabupaten trenggalek jawa timur.
    Mungkin bisa juga diangkat ditingkat Nasional agar pelayanan di desa semakin baik.

    Balas

Tinggalkan komentar